Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Merawat Baterai Laptop


Sebelum kita masuk pada Topik pembahasan, Cara merawat Baterai Laptop. Sedikit prolong sebagai pengantar. Pergantian Tahun pelajaran memasuki babak baru, siklus tahunan ini menandai kelulusan siswa, sekaligus sebagai penanda masuknya siswa baru pada jenjang pendidikan berikutnya. Pada musim ini biasa nya sudah menjadi kebiasaan baik siswa maupun orang tua murid mempersiapkan kebutuhan belajar nya. Salah satu kebutuhan alat yang saat ini menjadi wajib adalah Notebook PC.

Dimana setiap pelajar diwajibkan mempunyai Notebook untuk tingkatan Sekolah Menegah Pertama (SMP), lebih-lebih pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal ini dimaksudkan sebagai sarana untuk memudahkan siswa melakukan pengerjaan tugas sekolah, baik tugas Harian, maupun Ujian sekolah.

Lantaran hal ini, banyak dari masyarakat kita yang masih awam bagaimana cara merawat Notebook yang baik dan benar. Yang mana akibat dari hal tersebut timbul-lah keluhan dari berbagai kalangan tentang trouble akibat pemakaian yang asal-asalan. Perlu di ingat bahwasanya awet tidaknya usia sebuah notebook, bukan di pengaruhi oleh Brand / Merk tertentu. Namun Kembali pada bagaimana pengguna memperlakukan notebook tersebut.


Keluhan Pada Baterai

Banyak bermunculan statemen bahwa notebook merk tertentu baterai nya cepat habis, adalah lagi yang mengatakan laptop merek ini cepet rusak. Aneh nya hal tersebut menjadi mitos pada sebagaian user di Indonesia. Catatan penting, baterai merupakan sumber utama daya, selain supply daya dari adaptor langsung. Jika kondisi baterai kita bagus, maka kinerja laptop pun cenderung stabil. Jika kondisi cell pada baterai sudah mulai rusak baik kurangnya perawatan, atau kesalahan pengguna. Maka hal ini juga akan berpengaruh pada performa laptop.


Penyebab Baterai Cepat Rusak

Penggunaan laptop yang berlebihan tanpa memperhatikan daya baterai, merupakan faktor utama baterai laptop tidak awet. Hal ini sering terjadi tanpa disadari oleh pengguna, sehingga mengurangi usia masa pakai baterai. Faktanya, dari beberapa kasus yang terjadi, banyak dari kalangan user tidak tahu kapan harus melakukan charging baterai, faktor inilah yang akhirnya mempengaruhi usia baterai itu sendiri.


Cara Merawat Baterai

Untuk menghindari kerusakan pada baterai laptop, ada beberapa tips yang perlu di lakukan oleh pengguna. Agar masa pakai baterai bertahan lebih lama.

  1. Hindari menggunakan laptop terlalu lama, tanpa menggunakan power supply tambahan Adaptor AC. Masa pakai tahan baterai biasa nya berkisar 3-4 Jam.
  2. Lakukan pengisian daya menggunakan power adaptop AC, jika baterai sudah mencapai level 30%. Jangan menunggu baterai habis.
  3. Hindari penggunaan laptop ditempat yang terik, karena laptop akan mengalami kenaikan suhu berlebihan, termasuk suhu baterai.
  4. Jangan menaikkan kontras warna berlebihan, ketika menggunakan laptop hanya dengan daya baterai. karena ini punya pengaruh besar pada daya tahan baterai.
  5. Selalu gunakan power adaptor bawaan laptop (original). Karena Power adaptor bawaan sudah distandart kan oleh pabrikan nya.
  6. Cabut power adaptor, ketika proses charging sudah penuh. Jangan terlalu sering over charging, hal itu juga mempengaruhi daya tahan cell pada baterai.
Demikian beberapa tips cara merawat baterai laptop, agar baterai tetap awet dan bertahan lama masa pakai nya. Apabila ada saran dan masukan silahkan tulis pada kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Tips Cara Merawat Baterai Laptop"