Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meta Dan Microsoft Bekerja Sama Kembangkan Llama 2

Dok: Microsoft

Dua raksasa perangkat lunak, Meta dan Microsoft. Mengumumkan telah menjalin kerjasama kemitraan dalam mengembangkan teknologi kecerdasan Buatan (Ai) yang di beri nama Llama 2. Hal ini menjadi sorotan publik, ditengah maraknya perbincangan teknologi Ai. Pada 18/07/2023. John Montgomery Wakil presiden dari Microsoft Azure menuliskan keterangan dalam blog microsoft.

" Hari ini, di Microsoft Inspire, Meta dan Microsoft mengumumkan dukungan untuk keluarga Llama 2 model bahasa besar (LLM) di Azure dan Windows. Llama 2 dirancang untuk memungkinkan pengembang dan organisasi membangun alat dan pengalaman bertenaga AI yang generatif. Meta dan Microsoft berbagi komitmen untuk mendemokratisasi AI dan manfaatnya dan kami senang Meta mengambil pendekatan terbuka dengan Llama 2. Kami menawarkan pilihan pengembang dalam jenis model yang mereka buat, mendukung model terbuka dan perbatasan dan sangat senang menjadi Mitra pilihan Meta saat mereka merilis versi baru Llama 2 ke pelanggan komersial untuk pertama kalinya."

Lebih lanjut, John Montgomery mengungkapkan " Kini pelanggan Azure dapat menyempurnakan dan menerapkan model Llama 2 parameter 7B, 13B, dan 70B dengan mudah dan lebih aman di Azure, platform untuk model frontier dan terbuka yang paling banyak diadopsi. Selain itu, Llama akan dioptimalkan untuk berjalan secara lokal di Windows. Pengembang Windows akan dapat menggunakan Llama dengan menargetkan penyedia eksekusi DirectML melalui ONNX Runtime, memungkinkan alur kerja yang mulus saat mereka menghadirkan pengalaman AI generatif ke aplikasi mereka." Ungkapnya.

Di tengah maraknya pengembangan teknologi Ai, persaingan ketat antar perusahaan raksasa teknologi tidak dapat di elakkan. Google dengan Bard nya, Open Ai dengan ChatGPT nya. Juga perusahaan-perusahaan lainnya.



Ceo Meta Mark Zuckerberg juga telah mengumumkan hal yang sama pada laman beranda nya, Ia mengatakan Llame 2 ini merupakan project bersama antara meta dan microsoft dalam menyediakan infrastruktur Ai. Project ini di nanti nya akan menjadi project dengan lisensi open source, dalam kata lain bisa digunakan secara gratis baik untuk penelitian maupun komersial. 

Tujuan utama dari project tersebut lebih mengacu pada lebih banyak pengembang yang bisa ikut bersama melakukan pengembangan serta penyempurnaan. Hal ini akan mendorong inovasi-inovasi baru yang muncul. Juga dalam hal keamanan, akan semakin banyak pengembang yang bisa ikut memberikan kontribusi. Bagi pengembang yang ingin berkontribusi, meta dan microsoft telah menyediakan model-model yang dapat di unduk pada azur microsoft cloud.  



Posting Komentar untuk "Meta Dan Microsoft Bekerja Sama Kembangkan Llama 2"