Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menghindari Penipuan Diwhatsapp


Akhir-akhir ini marak terjadi kasus penipuan melalui aplikasi Whatsapp. Meningkatnya pengguna whatsapp sebagai aplikasi perpesanan dan aplikasi panggilan suara menjadikan resiko bahaya juga meningkat tajam. Hal ini memicu kekhawatiran bagi pengguna, kejahatan scammer yang terjadi lantaran kurang nya kewaspadaan, juga minim nya literasi masyarakat tentang kejahatan ciber.

Ada banyak cara agar terhindar dari kejahatan ciber yang berbentuk penipuan, scammer, juga kejahatan-kejahatan ciber lainnya. Namun disini kita akan fokus pada kasus kejahatan yang umum terjadi akhir-akhir ini di Indonesia. Sebelum membahasa cara mengantisipasi, alangkah lebih baiknya kita mengenali bentuk penipuan yang beredar.


Apa itu Scam ?

Apa itu scam? atau istilah scammer yang popular di Indonesia. Scam merupakan bentuk penipuan yang mengacu pada skema terlarang. Dimana tujuan dari skema tersebut ialah menghasilkan uang dengan cara menipu individu supaya membocorkan informasi pribadi tentang keuangan atau lebih jelasnya akun bank. Penipuan ini banyak terjadi di berbagai tempat dan juga bisa menargetkan siapa saja tanpa pandang bulu. Oleh sebab itu agar terhindar dari penipuan dan untuk dapat mengindentifikasi kejahatan tersebut, ada 5 cara yang dapat dilakukan.


Berhati-Hatilah Terhadap Nomor Tidak Dikenal

Pengguna perlu kehati-hatian ekstara terhadap panggilan nomor yang tidak terdaftar di kontak, meski tidak semua panggilan tidak dikenal, merupakan hal buruk namun langkah antisipatif perlu diterapkan untuk menghindari bahaya. Sedangkan untuk memblokir panggilan yang tidak dikenal whatsapp telah menyediakan fitur tersebut.


Verifikasi Identitas

Jika ada panggilan dengan nomor tidak dikenal pengguna bisa memverifikasi dengan menanyakan melalui pesan teks, dari siapa panggilan tersebut, jangan sekali-sekali membagikan informasi pribadi yang sensitif, seperti hal nya buku tabungan, rekening bank, juga pin atau password. Hal ini juga berlaku pada akun-akun non perbankan, untuk menghindari penyalah-gunaan wewenang.


Waspadai Permintaan Mendesak

Selalu waspada dengan pihak-pihak yang menghubungi anda, baik melalui panggilan telpon atau pesan, biasa nya mereka akan mengirim informasi yang mendesak dengan kata lain modus menakut-nakuti dengan peristiwa kecelakaan, bahkan tidak jaran mengatas namakan pihak kepolisian. Hal ini jelas bertujuan untuk menjatuhkan mental, sehingga korban mudah di manfaatkan.


Hindari Mengklik Link Mencurigakan

Seringkali korban penipuan tidak menyadari, informasi yang di kirim oleh pihak lain melaluli tautan ( link ). Hal ini disebabkan tanpa mengetahui tipikal tautan yang valid. Tautan dari website yang valid biasa nya tidak hanya berbentuk hyperlink . Akan tetapi tautan tersebut juga menyertakan gambar dan juga cuplikan informasi singkat berupa judul dan deskripsi.


Mengaktifkan Autentifikasi 2 Faktor ( 2FA )

Aplikasi whatsapp telah lama dilengkapi dengan lapisan keamanan ekstra bagi pengguna, hal ini bertujuan untuk melindungi privasi akun dari penyelahgunaan. Meskipun terkesan agak merepotkan namun, tujuan dari fitur autentifikasi 2 faktor ini jelas sangat membantu pengguna. Dari penyalahgunaan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.


Tindakan Apa yang di Ambil Ketika Menemui Hal-Hal Mnecurigakan

  • Hentikan percakapan, baik melalui panggilan suara, maupun pesan teks. Jangan sekalipun membagikan informasi sensitif, atau melakukan transfer uang.
  • Blokir penguna tersebut untuk menghindari dan menghentikan mereka menghubungi anda di masa depan. Juga laporkan pada pihak whatsapp untuk tindakan lebih lanjut.




Posting Komentar untuk "5 Cara Menghindari Penipuan Diwhatsapp "