Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Teknologi LTE / 4G

 Mengenal Teknologi LTE / 4G

Mengenal Teknologi LTE / 4G


Assalamualaikum Warahmatullahi Wb. Salam Sejahtera bagi kita semua, membicarakan perkembangan teknologi seakan tidak ada habis nya, dalam satu dasawarsa terakhir teknologi seakan memanjakan kita, dengan berbagai kemudahan. Kita memasuki Era baru yakni era digital dimana semua aktifitas yang selama ini kita kerjakan secara konvensional, kini menjadi semakin mudah.

Sebelum kita melangkah pada pembahasan apa itu LTE, kita akan flashback sejenak. Pada masa tahun 2000 an awal, kita sudah mulai mengenal handphone dimana alat komunikasi ini pada tahun 90 an masih menjadi barang mewah, yang hanya bisa di nikmati oleh kalangan elit. Perkembangan teknologi yang pesat, memotivasi produsen perangkat telekomunikasi untuk terus ber inovasi. Sejumlah produsen pun berlomba menciptakan alat telekomunikasi tanpa nirkabel. Namun tak butuh waktu lama produsen-produsen ini terus mengembagkan teknologi nya dari mulai handphone monophonic, poliphonic hingga menjadi ponsel multimedia.

Tak cukup puas dengan pencapaian nya, beberapa produsen dan perusahaan teknologi lainnya terus ber evolusi serta berlomba menyempurnakan teknologi yang sudah ada. Mereka akhirnya berhasil mengembankan alat telekomunikasi yang tadi nya hanya bisa mengirimkan pesan suara (Voice Call) dan Short Mesage Service (SMS). Menjadi ponsel multimedia di awali dengan layanan Multimedia Mesage Service (MMS). Namun pembahasan kita kali ini akan melompat langsung pada topik.

Apa itu LTE

Long Term Evolution atau yang kita sebut (LTE), merupakan sebuah standart  komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi, yang di dasarkan pada teknologi GSM/EDGE juga pada generasi selanjutnya yakni UMTS/HSPA. Namun jaringan antarmuka LTE berbeda dengan jaringan 2G maupun 3G. Sehingga LTE harus di operasikan secara terpisah.

Standar ini dikembangkan oleh 3GPP (Proyek Kemitraan Generasi ke-3) dan ditetapkan dalam seri dokumen Rilis 8, dengan peningkatan kecil yang dijelaskan dalam Rilis 9. LTE juga disebut 3.95G dan telah dipasarkan sebagai "4G LTE" dan "4G 

Apa itu 4G

Nama 4G merupakan  4th Generation, dalam istilah bahasa inggris yang berati generasi ke 4. Dalam teknologi komunikasi nirkabel, nama 4G di sematkan bersama dengan LTE sebagai penanda teknologi generasi ke-empat.

LTE pertama kali diusulkan pada tahun 2004 oleh NTT Docomo Jepang , dengan studi tentang standar secara resmi dimulai pada tahun 2005. Pada bulan Mei 2007, aliansi LTE/ SAE Trial Initiative (LSTI) didirikan sebagai kolaborasi global antara vendor dan operator dengan tujuan memverifikasi dan mempromosikan standar baru untuk memastikan pengenalan global teknologi secepat mungkin. 

Standar LTE diselesaikan pada bulan Desember 2008, dan layanan LTE pertama yang tersedia untuk umum diluncurkan oleh TeliaSonera di Oslo dan Stockholm pada tanggal 14 Desember 2009. Layanan LTE diluncurkan oleh operator besar Amerika Utara juga, dengan Samsung SCH-r900 menjadi ponsel LTE pertama di dunia mulai tanggal 21 September 2010.

Data Carrier

Berbeda dengan pendahulunya, HSPA hanya mampu membawa  sekitar 14,4 Mbps bandwith download dengan bandwith upload sekitar 5 Mbps, sedangkan LTE menyediakan data akses broadband yang mampu membawa bandwith berkecepatan tinggi yakni dengan bandwith download 300 Mbps dan bandwith upload 75 Mbps.

Dengan kemampuan nya membawa bandwith sebesar itu, maka semakin mempermudah pertukaran data / file dengan ukuran besar. Seperti hal nya kita mengirim file jenis foto beresolusi tinggi maupun data video dengan mudah dan cepat.

Demikian tadi sekilas pengertian "LTE" yang juga di kenal dengan istilah 4G yang sehari-hari kita jumpai pada gadget smartphone kita, semoga artikel ini membantu memberikan informasi, dan bermanfaat. 


Posting Komentar untuk "Mengenal Teknologi LTE / 4G"