Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat PSU Sederhana 12V

Membuat PSU Sederhana 12V

Membuat PSU Sederhana 12V

Assalamualaikum Warahmatullahi Wb. Salam Sejahtera bagi kita semua, hobbi elektronik seakan tak pernah ada habisnya. Setiap orang yang punya hobbi otak-atik pasti pernah mengenal adaptor atau di sebut juga power supply. Power supply atau adaptor adalah sebuah sumber tegangan arus listrik yang berfungsi sebagai penyedia sumber daya listrik yang dibutuhkan setiap perangkat elektronik.


Pengertian PSU

Power Suplly Unit adalah rangkaian alat yang berfungsi sebagai step down, penyearah juga sumber arus listrik DC untuk setiap peralatan elektronika. Rangkaian ini biasanya terdiri dari transformator (travo) juga komponen seperti halnya dioda, elko juga kapasitor. Pada dasarnya setiap peralatan elektronik membutuhkan power supply, baik itu tingkat tegangan nya rendah maupun dengan tegangan tinggi. Bergantung pada besaran arus yang di butuhkan oleh setiap perlatan elektonik. Power supply ini sering juga di sebut adaptor. Baca Juga : Cara Mengetahui Pengunaan Listrik


Cara Kerja PSU

Sistem kerja power supply yakni, travo akan melakukan step down dari arus 220V menjadi 12Vac, setelah itu arus 12Vac ini akan di searahkan oleh dioda sehingga menjadi arus DC. Biasanya setelah di searahkan oleh dioda arus akan menjadi lebih besar berkisar pada 14-15 VDC. Setelah itu supaya arus dc ini tidak terdapat riak maka di butuhkan komponen kapasitor sebagai filter penyaring arus. Sedangkan agar power supply ini bekerja stabil maka di butuhkan komponen elko sebagai penyimpan arus sementara, semakin besar nilai elko maka semakin besar pula arus yang dapat ditampung. Setelah itu baru di distribusikan pada perangkat elektronik.


Cara Membuat PSU

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat adaptor 12V DC Sederhana, dengan menggunakan travo, oke selanjutnya kita akan siapkan apa saja komponen yang di butuhkan juga untuk membuat  adaptor 12 V.


Skema PSU

Membuat PSU Sederhana 12V

Bahan-bahan

  1. Travo 2 A yang mempunyai output 12 VAC.
  2. Dioda 5402 4 Pcs 
  3. Capacitor 100nf  (C1)
  4. Elco 3300uf 25V (C2)
  5. Elco 470uf 25V   (C3)
  6. IC Regulator LM 7812


Pengerjaan

Bagi teman-teman yang ingin membuat adaptor / psu 12V DC silahkan teman-teman melihat skema diatas, sederhana dan cukup muda di pahami. Jangan lupa untuk menggunakan alat solder dan timah, solder dengan rapi agar tidak terjadi konslet. Demikian artikel membuat adaptor sederhana semoga bermanfaat bagi kita semua.




Posting Komentar untuk "Membuat PSU Sederhana 12V"